Masihkah Blogging Diminati?

Tahun yang baru sudah kita lewati. Ini sudah memasuki hari ke-5 di tahun yang baru. “Selamat Tahun Baru 2020” untuk teman-teman semua, yang kebetulan membaca tulisan ini. Apa jawaban teman-teman untuk pertanyaan yang saya tulis sebagai judul artikel ini? Masih, atau … malah balik nanya, “Blogging? Apaan sih?”

Pertanyaan ini tiba-tiba saja muncul pagi ini di kepala saya, tepat saat saya mau ganti baju. 😀

Pertanyaan ini muncul mengingat sepanjang tahun lalu, saya sendiri bahkan jarang untuk nulis. Hanya mengurus weblog yang saya admin-i saja. Blog ini, hanya gonta-ganti theme dan platform saja. Tanpa ada tulisan baru yang terbit. Ini hanya saya yang melakukannya. Saya yakin, teman-teman semua tidak. Masih tetap fokus menulis dan blogging. Semoga … 🙂

Well, memang pertanyaan ini muncul di kepala saya, karena saat ini, Google meng-anak emas-kan Youtube. Ini bisa dilihat dari hasil pencarian lewat Google Search Engine (GSE), yang selalu menampilkan Youtube di baris pertama hasil pencarian kita, dengan catatan, tidak tersedia iklan Adwords yang cocok dengan terma pencarian kita. Itu yang saya alami. Kalau teman-teman?

Tidak heran kalau blogger sekarang ini selalu memiliki channel Youtube. Secara tidak langsung, ini akan mendongkrak traffic ke blog, kalau dilakukan dengan tepat. Ini hanya bias saja. Concern saya adalah, “Apakah kondisi ini masih membuat blogging diminati?”

Kenapa? Tulisan kita akan sulit bersaing dengan video Youtube yang mengulas topik yang sama. Kecuali artikel yang memang sudah lama dan memiliki histori publish lebih dahulu dari video di Youtube. Tulisan ini menurut saya masih akan kuat saingan dengan content Youtube. Contohnya saja, ulasan SEO dari Seroundtable dan atau weblog yang sejenis. Saya pikir, Seroundtable masih akan lebih kuat dari content Youtube yang mengulas SEO.

Sekali lagi, masihkah blogging diminati? atau malah beralih jadi Vlogger? Bagaimana menurut teman-teman?

Saya sendiri berharap, semoga justru makin banyak teman-teman yang mulai aktif ngeblog lagi. Sungguh saya merindukan saat-saat di mana blogwalking, saling komentar, dan lainnya.

Disqus Comments Loading...