Fungsi Label di Blog dan Cara Menggunakannya

Label di blog yang dibuat dengan blogspot (blogger) berfungsi sebagai kategori sebuah artikel. Fungsi label ini cukup vital menurut saya, karena bisa menjadi shortcut pengunjung, untuk menemukan artikel yang disukai lainnya. Jika digunakan dengan bijak, label juga membuat blog kita mudah dipahami oleh user. Kalau user paham dengan blog kita, maka bot search engine juga bisa memahaminya. Ujung-ujungnya, blog kita mudah diindek olehnya. Ini logika sederhana saya.

Cara Menggunakan Label di Blog

Emang harus pakai cara ? Tidak harus. Terserah sampeyan saja.

Tapi … kalau penggunaan label ini benar, maka akan membantu blog kita dalam hal SEO. Jadi, begini …

Sudah saya katakan bahwa label itu seperti sebuah kategori (di blogger/blogspot). Ketika kita membuat artikel dan memberi label, pastikan kita tahu topik artikel itu dan topik besar blog kita. Beda cerita kalau kita membuat blog niche. Saya biasanya hanya memberi maksimal 2-3 label saja untuk satu artikel. Di blogspot kita harus bijak menggunakan label.

Ketika artikel kita terbit dengan label yang tersemat, secara otomatis, artikel itu menunjukkan konten blog secara umum. Oleh karenanya, sangat baik menggunakan label sebagai menu. Karena ini akan membantu bot untuk meng-kategorikan blog kita. Terlalu banyak label untuk satu artikel menurut saya tidak baik. Apalagi di era baru algoritma Google. Semakin spesifik label blog, semakin mudah blog dikategorikan.

Ingatlah bahwa blog kita di blogspot itu tetaplah sebuah subdomain. Walau kita sudah menggunakan custom domain untuk blog kita. Beda cerita kalau kita pakai WordPress self hosted. Karena di WordPress, kategori dan label (baca: tag) dibuat terpisah.

Bijaklah membuat label di blog. 🙂

Disqus Comments Loading...